Tips Makan dan Minum Sebelum Lari Pagi

Jakarta, Lari atau jogging adalah salah satu olahraga favorit masyarakat karena dianggap mudah dan murah. Olahraga ini paling baik dilakukan di pagi hari. Tapi sebelum melakukannya, perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Makan dan minum sebelum melakukan lari pagi sebaiknya diperhatikan agar kegiatan olahraga Anda berjalan lancar. Salah makan atau minum sebelum lari pagi, bisa membuat perut Anda menjadi sakit.

Berikut beberapa tips makan dan minum sebelum melakukan lari pagi, seperti dilansir Lifemojo, Jumat (16/6/2011):

Persiapan minum sebelum lari pagi

Setelah tidur 7 sampai 8 jam, kemungkinan besar Anda akan terbangun dengan dehidrasi. Untuk itu, setidaknya minum 2 sampai 3 gelas air putih segera setelah Anda turun dari tempat tidur, terlebih bila Anda ingin melakukan lari pagi. Minum setidaknya 20 hingga 30 menit sebelum Anda jogging.

Jika Anda tidak terhidrasi dengan baik sebelum lari pagi, maka akan meningkatkan kemungkinan dehidrasi, menyebabkan kinerja menjadi buruk dan segudang masalah lainnya. Mengandalkan haus sebagai indikator dehidrasi tidaklah cukup. Jika Anda haus, maka Anda sudah mengalami dehidrasi.

Makan yang benar sebelum lari pagi

Banyak orang yang memulai lari pagi dengan perut kosong. Tapi itu adalah kesalahan besar. Latihan olahraga dengan perut kosong adalah ide yang buruk. Tentu saja, pada pagi hari hampir semua orang tidak memiliki cukup waktu untuk makan dan mencerna makanan. Bahkan, makan berat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan stres gastronomis saat berlari.

Meskipun demikian, Anda dapat setidaknya mencoba makan sesuatu yang ringan seperti pisang atau sereal energi, sehingga tidak berolahraga dengan perut kosong. Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk lari pagi, maka berolahraga dengan perut kosong kemungkinan besar akan membuat Anda lesu, mual dan tidak mampu untuk melakukan yang terbaik.

Namun, bila Anda berencana untuk melakukan lari pagi panjang, maka Anda perlu mengisi bahan bakar yang lebih sebelum lari pagi. Anda bisa makan karbohidrat kompleks dan protein, seperti beras merah, pasta gandum utuh, produk gandum, kentang rebus, ikan atau putih telur.

Hindari makanan yang dapat mengganggu perut atau menyebabkan stres gastronomis, seperti makanan yang berserat tinggi dan makanan berlemak.

Namun, setiap orang berbeda dan merespons makanan dengan cara yang berbeda. Karena itu, pastikan untuk mencoba makanan yang berbeda dan mencari tahu apa yang terbaik untuk memberi Anda energi.

refernsi : http://www.detikhealth.com/read/2011/06/17/070946/1662199/766/tips-makan-dan-minum-sebelum-lari-pagi?ld991107763

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s