bahaya radiasi handphone

Bahaya radiasi handphone

Pada jaman seperti sekarang ini, kehidupan kita tidak pernah bisa lepas dari HP. Ketika kita hendak bepergian, kemudian HP kita ketinggalan di rumah, maka pikiran kita jadi tidak tenang dan gelisah. Artinya, kita sangat membutuhkan keberadaan HP sebagai alat bantu komunikasi utama dalam setiap langkah kehidupan kita. Sekarang, jika di dalam satu rumah terdapat 6 anggota keluarga maka kemungkinan besar di dalam rumah tersebut terdapat 6 HP atau bahkan bisa lebih. Bahkan banyak di anatara kita yang memiliki HP lebih dari satu. Tetapi, hati-hati dalam menggunakan HP karena pancaran gelombang radiasinya yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang diyakini oleh para ahli dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh manusia dalam jangka panjang. Hingga saat ini berbagai penelitian tentang bahaya radiasi HP di seluruh dunia terus dilakukan. Di satu sisi kita amat membutuh HP sedangkan di sisi yang lain kita amat takut dengan efek buruk yang ditimbulkannya. Apa yang yang harus kita lakukan dengan paradox ini ?

Kebiasaan Meletakkan HP yang Fatal

Pernah terjadi seorang wanita berturut-turut mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Pasangan suami istri ini mengecek kehamilan berikutnya dan mendapati bahwa janin mengalami kerusakan sel berkesinambungan sampai janin mati. Dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini telah terpapar oleh radiasi HP sehingga membuat janin di dalamnya tidak bisa bertahan lama untuk hidup dan berkembang.

Rahimnya telah mati jadi tidak mungkin bagi dia untuk memiliki janin yang hidup pula. Setelah diteliti, wanita ini ternyata memiliki kebiasaan menyimpan HP di jaket kerjanya yang posisinya tepat dekat rahim selama beberapa tahun.

Jangan lagi kita meremehkan resiko dari radiasi HP ini karena akibatnya bisa fatal bagi organ tubuh kita. Jauhkanlah HP dari tubuh kita sebisa mungkin ketika kita tidak sedang memakainya.

Jangan terlalu sering meletakkan HP dekat dengan ginjal, jantung dan di kantung celana karena ini bisa merusak ginjal, jantung, dan sistem reproduksi !

Jangan meletakkan HP dekat dengan tubuh ketika tidur. Jauhkan juga barang-barang elektronik lainnya ( seperti radio, televisi, laptop, kulkas dll.) dari area tempat kita tidur karena dalam jangka panjang radiasi dari barang-barang elektronik tersebut bisa membahayakan kesehatan. Radiasi yang ada dapat mengganggu dan mengacaukan proses produksi sistem hormonal dalam tubuh ketika kita tidur. Bahkan radiasi gelombang elektromagnetik telah dituding oleh banyak ahli medis sebagai penyebab munculnya banyak kasus kanker darah (leukemia).

HP Lebih Merusak Pada Otak Anak-anak

Jauhkan HP dari anak-anak, karena otak mereka yang masih muda sangat sensitif terhadap radiasi HP jika terpapar dalam waktu yang cukup lama. Terlebih lagi bayi, jauh lebih sensitif bahkan beberapa diantara mereka tidak bisa menahannya.

Departemen kesehatan masyarakat Toronto telah menasehatkan para remaja dan anak-anak kecil untuk membatasi penggunaan telpon selular mereka, dalam rangka menghindari resiko kesehatan yang cukup potensial. Ini merupakan kebijakan yang pertama di Kanada.

Para pejabat sudah memperingatkan bahwa oleh karena adanya efek samping dari radiasi, anak-anak di bawah umur delapan tahun seharusnya menggunakan telepon selular hanya dalam keadaan darurat, dan para remaja perlu membatasi penggunaan HP kurang dari 10 menit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suatu pola mulai terlihat pada orang-orang yang menggunakan telepon selular mereka untuk suatu periode waktu yang lama berada pada resiko lebih besar terhadap kemungkinan terkena tumor otak tertentu.

Beresiko Melahirkan Anak Hiperaktif

Wanita yang menggunakan HP ketika hamil memiliki kecenderungan bakal melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah laku, berdasarkan suatu studi terhadap lebih dari 13.000 anak-anak.

Wanita hamil yang memakai HP yang meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari, cukup untuk menimbulkan resiko bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan bisa mengalami kesulitan dalam pemahaman/proses belajar, emosi dan sosialisasi anak pada saat sekolah.

Hasil di atas justru lebih beresiko lagi apabila sang anak sendiri juga menggunakan HP sebelum berusia 7 tahun.

Disamping itu, secara ringkas ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mengurangi atau terhindar dari bahaya radiasi elektromagnetik:

· Jangan memakai HP ketika sedang hamil dan jangan ijinkan anak-anak memakainya.

· Batasi lama penggunaan HP atau penggunaan telepon tanpa kabel lainnya.

· Gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi HP karena penggunaan headset dapat menjauhkan HP dari kepala. Hindarilah penggunaan bluetooth.

· Kurangi paparan langsung dari area transmisi WiFi (Hotspot Area). Cari tahu dimana lokasi WiFi dan usahakan untuk menjauh darinya.

· Jika memiliki telepon kabel, jangan memakai yang melebihi 900 MHz, karena telepon kabel Gigaherts akan terus menerus memancarkan gelombang radio tinggi 24/7.

· Gunakan speakerphone daripada langsung mendekatkan HP ke telinga. Ini membantu untuk menjauhkan efek radiasi langsung antara otak dengan HP.

· Batasi penggunaan HP di dalam gedung karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung dibandingkan di luar.

· Pakai HP pada saat bar transmisi atau penerimaan signal baik. Ketika transmisi jelek, HP akan bekerja lebih keras untuk menangkap transmisi dengan jelas.

· Jangan dekatkan HP ke telinga pada saat proses dialing, karena efek pancaran radiasinya sangat besar.

· Berhati-hatilah dalam meletakkan HP, karena radiasi berefek didekatnya, radiasi bersifat memancar.

Gunakan protektor yang dapat meminimalkan pancaran gelombang radiasi HP. Sehingga risiko yang diterima tubuh dari HP dapat dikurangi.

Pada penelitian untuk mengukur besaran radiasi dengan menggunakan CellSensor membuktikan bahwa penggunaan Electromagnetic Radiation Protector (EMR Protector) efektif dapat membantu mengurangi bahaya radiasi HP dan peralatan elektronik lainnya hingga 90%. Pada jarum penunjuk besaran radiasi pada alat CellSensor dapat dibandingkan antara yang belum dan yang sudah menggunakan EMR Protector.

EMR Protector untuk melindungi diri kita dan untuk orang-orang yang kita sayangi.

Referensi : http://gamat-healing.com/?Bahaya_Radiasi_HP
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s